Reason in Revolt: Bab 12. Kelahiran Manusia yang Revolusioner - Perspektif
Headlines News :
Home » » Reason in Revolt: Bab 12. Kelahiran Manusia yang Revolusioner

Reason in Revolt: Bab 12. Kelahiran Manusia yang Revolusioner

Written By DPTK sepetak on Rabu, 29 Desember 2010 | 09.27

Epos Dinosaurus - Jaman Mesozoikum (850-65 juta tahun lalu)

Massa benua, Pangaea, yang tercipta melalui tumburan benua-benua di jaman Palaeozoikum, bertahan utuh selama sekitar 100 juta tahun. Ini melahirkan satu himpunan kondisi tektonik, iklim dan biologis yang baru. Lalu, pada jaman Mesozoikum proses inipun berbalik. Benua-super ini mulai terpecah. Glaser-glaser menutupi bagian selatan dari Afrika-Amerika-Australia dan Antartika. Selama jaman Triasik (250-205 juta tahun lalu) dinosaurus ber-evolusi di daratan dan pleisosaurus dan ichthyosaurus di lautan, sementara reptil bersayap pterosaurus merajai angkasa. Mamalia ber-evolusi dari reptil-reptil yang berkaki cepat, tapi perkembangan mereka sangat lambat. Ledakan pertumbuhan yang besar dari dinosaurus yang mendominasi bentuk-bentuk kehidupan vertebrata di darat tidak memungkinkan perkembangan yang pesat bagi mamalia. Mereka tinggal dalam ukuran dan jumlah yang kecil selama jutaan tahun, di bawah bayang-bayang rekan-rekan mereka yang berukuran raksasa, hanya berani keluar mencari makan di waktu malam.
Jaman Jurasik (205-145 juta tahun lalu) mencatat satu perubahan iklim yang besar, yang ditandai oleh mundurnya glaser, yang melahirkan satu peningkatan suhu global sampai akhir jaman itu. Tingkat permukaan laut naik setidaknya 270 meter selama jaman Mesozoik, hampir dua kali lipat dari tingkat pemukaan laut sekarang.
Perlu waktu yang sangat lama untuk memecah sebuah benua-super. Pecahnya Pangaea merupakan awal jaman Jurasik (180 juta tahun lalu) dan benua terakhir baru terpisah pada jaman Kenozoik (40 juta tahun lalu). Pemisahan pertama terjadi pada sumbu timur-barat, di mana terciptanya Samudera Thetys memecah Pangaea menjadi Laurasia di utara dan Gondwanaland di selatan. Pada gilirannya Gondwanaland pecah menjadi tiga bagian di timur - India, Australia dan Antartika. Pada akhir jaman Mesozoikum terjadilah satu pembelahan dari utara ke selatan, menghasilkan Samudera Atlantik yang memisahkan Amerika Utara dari Laurasia dan Amerika Selatan dari Afrika. India bergerak ke utara dan bertumburan dengan Asia, sementara Afrika juga bergerak ke utara dan bertumburan dengan sebagian Eropa setelah kehancuran Samudera Tethys. Dari samudera yang perkasa ini, hanya sebagian kecil saja yang tinggal, yang kita kenal sekarang sebagai Laut Tengah. Di Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia, masa-masa perluasan permukaan dasar laut yang berlangsung cepat membantu pergerakan dari pecahan-pecahan benua itu.
Selama Mesozoikum, dinosaurus adalah kelompok vertebrata yang dominan. Sekalipun benua terpecah-pecah, mereka telah mengukuhkan posisi mereka di seluruh dunia. Tapi, pada akhir masa ini - 65 juta tahun lalu - terdapat satu masa kepunahan massal baru, di mana dinosaurus lenyap dari muka bumi. Kebanyakan reptil darat, air dan terbang (dinosaurus, ichthyosaurus dan pterosaurus) disapu bersih. Dari seluruh reptil, hanya buaya, kura-kura dan kadal yang selamat. Penyapuan spesies yang spektakuler ini tidaklah hanya terjadi pada dinosaurus. Kenyataannya, dua pertiga dari semua spesies yang hidup masa itu punah, termasuk amonit, belemnit, beberapa tumbuhan, bryozoa, moluska berkatup ganda, echinoida dan lain-lain.
Kesuksesan yang luar biasa dari dinosaurus adalah hasil dari adaptasi sempurna mereka terhadap kondisi yang ada. Populasi totalnya diperkirakan tidak kurang dari populasi mamalia saat ini. Pada saat ini, di manapun di dunia, ada mamalia, kecil atau besar, menempati tiap ruang ekologis. Kita boleh yakin bahwa 70 juta tahun lalu, ruang itu ditempati oleh beragam jenis dinosaurus. Berlawanan dengan kesan umum tetang dinosaurus yang dibayangkan sebagai mahluk-mahluk raksasa yang lamban, sebetulnya mereka hadir dalam berbagai ukuran. Kebanyakan berukuran kecil saja, banyak yang berjalan tegak dengan kaki belakangnya, dan dapat berlari sangat cepat. Banyak ilmuwan sekarang percaya bahwa setidanya beberapa dinosaurus hidup dalam kelompok-kelompok, merawat anak-anaknya bahkan, mungkin juga, berburu secara berkelompok.  Batasan Mesozoikum-Kenozoikum (65 juta tahun lalu) merupakan satu lagi titik balik dalam evolusi kehidupan. Satu masa kepunahan massal menyiapkan jalan bagi lompatan evolusioner besar, membuka jalan bagi bangkitnya mamalia. Tapi, sebelum kita membahas proses ini, sangat berguna jika kita membahas terlebih dahulu mengapa dinosaurus punah.

Mengapa Dinosaurus Punah?

Pertanyaan ini telah diperdebatkan dengan hangat di tahun-tahun belakangan ini, dan, sekalipun terdapat klaim-klaim yang meyakinkan, khususnya dari teori bencana-meteorit, persoalan ini masih belum tuntas sepenuhnya. Sesungguhnya terdapat banyak teori yang telah mencoba menjelaskan sebuah gejala yang, baik karena tampilannya yang spektakular maupun karena implikasinya terhadap kemunculan spesies kita sendiri, telah menarik perhatian umum dengan cara yang unik. Walau demikian, perlulah untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa ini bukanlah satu peritiwa yang unik dalam rantai evolusi. Ia bukanlah satu-satunya kepunahan massal, juga bukan yang terbesar, atau yang seharusnya memiliki akibat-akibat evolusioner yang paling jauh.
Teori yang kini mendapat dukungan paling luas dan yang pastinya telah mendapat publisitas yang paling sensasional didasarkan pada pernyataan bahwa dampak dari meteorit raksasa yang jatuh di satu tempat di permukaan bumi telah mengakibatkan satu efek yang mirip dengan "musim dingin nuklir" yang akan menyusul sebuah perang nuklir. Jika benturan itu terjadi cukup besar, ia akan melemparkan sejumlah besar debu dan pecahan batuan ke atmosfir. Awan padat yang kemudian terbentuk akan menghalangi sinar matahari sehingga tidak dapat mencapai permukaan bumi, yang berakibat pada masa kegelapan dan dingin yang berkepanjangan.
Ada bukti-bukti empirik yang menunjukkan bahwa sejenis ledakan telah terjadi, yang mungkin saja disebabkan oleh sebuah meteorit. Teori ini telah mengukuhkan diri belakangan ini dengan penemuan satu lapisan tipis tanah liat di antara sisa-sisa fosil, yang akan konsisten dengan efek debu yang dihasilkan oleh benturan yang demikian besar. Ide itu, misalnya, telah pula diterima oleh Stephen J. Gould. Namun, ada beberapa pertanyaan yang masih harus tetap dijawab. Yang pertama, dinosaurus tidaklah menghilang begitu saja dalam semalam, atau bahkan dalam beberapa tahun. Kenyataannya, kepunahan itu berlangsung dalam tempo beberapa juta tahun - satu waktu yang sangat singkat bila dilihat dari skala geologis, tapi cukup lama untuk membuat kita bertanya-tanya dan meragukan ide tentang bencana meteorit.
Walaupun kita tidak dapat mencoret begitu saja hipotesis meteorit, ia memiliki satu kelemahan pokok. Seperti yang telah kami tunjukkan, terdapat banyak kepunahan lain sepanjang jalan evolusi. Bagaimana ini akan dijelaskan? Apakah kita benar-benar harus menyandarkan diri pada gejala-gejala eksternal seperti jatuhnya meteor atau hal-hal lain sejenis itu? Atau apakah kebangkitan dan kejatuhan spesies berhubungan dengan kecenderungan yang inheren dalam proses evolusi itu sendiri? Bahkan di masa kini, kita dapat mengamati gejala naik-turunnya populasi hewan. Baru-baru ini saja kita mulai mendekati pemahaman akan hukum-hukum yang mengatur proses yang kompleks ini. Dengan mencari penjelasan yang terletak di luar gejala itu sendiri, kita akan menempuh resiko meninggalkan pencarian terhadap pemahaman yang sejati. Lebih jauh lagi, satu penyelesaian yang nampak menarik, karena ia membuang segala kesulitan dengan sekali libat, dapat menimbulkan kesulitan-kesulitan yang lebih besar daripada kesulitan yang dia klaim akan selesaikan.
Beberapa usulan lain telah diajukan pula. Masa yang dibahas ini dicirikan oleh aktivitas volkanik yang luas. Inilah, dan bukan satu benturan meteorit, yang dapat menyebabkan satu perubahan iklim yang tidak dapat diatasi oleh dinosaurus. Telah juga diajukan bahwa menghilangnya dinosaurus dapat dihubungkan dengan kompetisi yang terjadi antara mereka dengan mamalia. Ada kesejajaran di sini antara menghilangnya kebanyakan populasi marsupialia yang tadinya menghuni Amerika Selatan karena tekanan dari mamalia yang datang dari utara. Sungguh, sangat mungkin bahwa kepunahan mahluk-mahluk raksasa ini sebenarnya merupakan hasil dari kombinasi kejadian-lingkup ini - aktivitas volkanik, penghancuran lingkungan yang ada waktu itu, spesialisasi yang berlebihan, dan kompetisi untuk memperebutkan sumber makanan yang makin berkurang dengan spesies lain yang lebih teradaptasi untuk menangani lingkungan yang berubah. Kelihatannya mustahil kontroversi ini akan terpecahkan dalam waktu dekat. Apa yang tidak dapat diperdebatkan sebenarnya adalah bahwa, pada akhir jaman Mesozoikum beberapa perubahan mendasar telah mengakhiri dominasi dinosaurus. Persoalan pokoknya adalah bahwa tidak perlu bagi kita untuk mencari penjelasan atas gejala ini pada faktor-faktor luar:
"'Anda tidak perlu mencari bintik-matahari, gejolak iklim atau lain-lain penjelasan yang aneh-aneh untuk menjelaskan lenyapnya dinosaurus," ujar Lovejoy. "Mereka baik-baik saja selama mereka masih menguasai dunia ini, selama tidak ada strategi reproduktif yang lebih baik di sekitar mereka. Mereka telah bertahan selama lebih dari seratus juta tahun; begitu juga seharusnya umat manusia. Tapi sekali satu terobosan dalam strategi adaptasi diciptakan, sekali dinosaurus ditantang oleh hewan yang dapat bereproduksi dengan berhasil tiga atau empat kali lebih cepat daripada yang dapat mereka lakukan, nasib mereka telah berakhir.'"[i]

Teroris Kosmik

Masalahnya menjadi jelas ketika kita mengajukan pertanyaan dengan cara ini: baik, mari kita terima bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan oleh sebuahkecelakaan dalam bentuk benturan meteorit yang mendadak. Bagaimana kita menjelaskan kepunahan-kepunahan massal yang lain? Apakah semua disebabkan oleh meteorit? Pertanyaan ini tidaklah sembarangan seperti kelihatannya. Telah dilakukan upaya-upaya untuk menunjukkan bahwa semua kepunahan skala besar adalah hasil dari badai meteorit periodik dari sabuk asteroid. Inilah inti dari apa yang disebut "teori Nemesis" yang diajukan oleh Richard Muller dari University of California.
Beberapa paleologis tertentu (Raup dan Sepkoski) telah mengklaim bahwa kepunahan massal terjadi pada jarak waktu yang teratur sekitar kira-kira 26 juta tahun. Namun, orang-orang lain yang mendasarkan dirinya pada bukti-bukti yang sama tidaklah menemukan keteraturan semacam ini dalam gejala itu. Ada ketidaksepakatan yang sejajar di kalangan para ahli geologi, beberapa di antara mereka mengklaim adanya satu jarak waktu yang teratur dalam pembentukan kawah-kawah besar, sementara yang lainnya tidak. Pendeknya, tidak ada satu bukti yang meyakinkan baik untuk keteraturan jarak waktu antar kepunahan massal, maupun atas satu bombardemen komet atau meteorit yang teratur ke bumi.
Bidang-bidang semacam prasejarah dan geologi itu mudah sekali menjebak orang ke dalam spekulasi yang acak dan tidak masuk nalar. Terlebih lagi, persis "teori" sensasional macam itulah yang cenderung mendapatkan publisitas yang terbesar, tidak peduli kesahihannya secara ilmiah. Teori "Nemesis" adalah kasus semacam itu. Jika kita menerima, seperti yang dilakukan Muller, bahwa kepunahan massal terjadi secara teratur tiap 26 juta tahun, dan jika kita lebih jauh lagi menerima, seperti yang diterimanya, bahwa kepunahan massal disebabkan oleh badai meteorit, maka bumi seharusnya dikunjungi secara teratur oleh para meteorit setiap 26 juta tahun, teratur seperti jadwal jam.
Kesulitan dalam pandangan ini sangat jelas - bahkan bagi Muller, yang menulis:
"Saya terkaget-kaget bahwa sebuah asteroid dapat menubruk bumi persis tiap 26 juta tahun sekali. Dalam luasnya angkasa, bahkan bumi adalah satu target yang sangat kecil. Satu asteorid yang lewat dekat dengan matahari memiliki peluang yang sedikit lebih baik dari satu per semilyar untuk menghantam planet kita. Benturan yang benar terjadi seharunya memiliki jarak waktu yang acak, bukan teratur rapi. Apa yang dapat membuat mereka menubruk bumi dengan jadwal yang demikian teratur? Mungkin sejenis teroris kosmik dengan sengaja telah mengarahkan mereka dengan semacam meriam asteroid. Hasil yang menggelikan membutuhkan teori yang menggelikan."
Dan Muller melanjutkan pembuatan teori yang menggelikan itu, untuk membenarkan ide yang telah disusun di bawah tangan bahwa semua kepunahan massal sesungguhnya disebabkan oleh benturan meteorit, dan bahwa hal ini terjadi secara teratur setiap 26 juta tahun. Ia menggambarkan satu argumen panas dengan Luis Alvarez, pencipta pertama teori bahwa dinosaurus dihapuskan oleh sebuah asteroid yang menabrakkan dirinya ke bumi, yang mengambil sikap skeptis terhadap ide-ide Muller. Kutipan berikut dari dialog ini memberikan pada kita satu gambaran yang menarik tentang metodologi yang dipakai untuk melahirkan hipotesis itu:
"'Bayangkan satu hari kita menemukan cara untuk membuat satu asteroid menghantam bumi tiap 26 juta tahun sekali. Maka bukankah Anda harus mengakui bahwa Anda keliru dan bahwa semua data seharusnya digunakan?'
"'Apa model yang Anda gunakan?' tuntutnya. Saya pikir ia sedang menghindari pertanyaan saya.
"'Itu tidak penting! Kemungkinan dari model seperti itulah yang membuat logika Anda keliru, bukan keberadaan dari model tertentu.'
"Ada sedikit getaran dalam suara Alvarez. Ia juga kelihatannya sudah mulai marah. 'Lihat, Rich,' desisnya, 'saya juga telah lama berada dalam bisnis pengolahan data ini dan kebanyakan orang menganggap saya seorang ahli. Anda tidak bisa begitu saja mengambil pendekatan tanpa berpikir semacam ini dan mengabaikan apa yang Anda ketahui.'
"Ia menganggap dirinya ahli! Para ilmuwan tidak boleh menganggap diri demikian. Jaga emosimu, Rich, kata saya pada diri sendiri. Jangan perlihatkan padanya bahwa kamu juga sudah mulai terganggu.
"'Beban pembuktian itu ada pada Anda,' lanjut saya dengan suara yang ditenang-tenangkan. 'Saya tidak harus mengajukan satu model. Kecuali kalau Anda dapat menunjukkan bahwa tidak ada model semacam itu yang mungkin, maka logika Andalah yang keliru.'
"'Bagaimana mungkin asteroid menghantam bumi secara periodik? Apa model yang Anda gunakan?' ia menuntut lagi. Frustasi saya hampir sampai pada titik puncaknya. Bagaimana mungkin Alvarez gagal memahami apa yang saya katakan? Ia adalah pahlawan saya. Bagaimana mungkin dia begitu bodoh?
"Persetan! Saya pikir. Jika saya harus, saya akan memenangkan argumen ini memakai cara-nya. Saya akan menciptakan satu model. Saat itu adrenalin saya mengalir deras. Setelah berpikir sesaat, saya mengatakan: 'Andaikan ada satu bintang kembaran matahari yang mengorbit kepadanya. Setiap 26 juta tahun ia mengorbit dekat ke bumi dan melakukan sesuatu. Saya tidak yakin apa, tapi hal itu membuat asteroid menghantam bumi. Mungkin ia membawa asteroid bersamanya.'"
Sifat yang demikian sembarangan dari metode yang digunakan untuk sampai dapat sebuah hitpotesis tanpa basis secuilpun pada fakta jelaslah sejelas-jelasnya.dengan pendekatan yang semacam itu, kita benar-benar telah meninggalkan dunia ilmiah dan masuk ke dalam dunia fiksi ilmiah, di mana, seperti syair lagu tempo dulu, "apapun bolehlah." Sesungguhnya, Muller sendiri cukup jujur untuk mengakui bahwa "Saya tidak bermaksud untuk membuat model saya dianggap serius, sekalipun saya pikir bahwa argumen saya akan sudah cukup kuat jika model itu dapat bertahan dari serangan selama lebih dari beberapa menit."[ii] Tapi kini kita hidup di jaman penuh keluguan. Teori "Nemesis", yang jelas-jelas bukan satu model ilmiah, melainkan satu terkaan yang dibuat sembarangan, kini telah dianggap serius oleh banyak astronom yang kini menyapu angkasa, sibuk mencari tanda-tanda adanya "bintang-maut" yang tak kasat mata ini, teroris kosmik ini, yang setelah menyapu bersih dinosaurus, satu hari akan kembali lagi ke TKP untuk menghabisi kita semua.
Masalahnya di sini adalah masalah metode. Ketika Napoleon bertanya pada Laplace di mana tempat Tuhan dalam skema jagad mekanik Newton, ia memberi jawaban yang terkenal ini: "Sire je na'ai pas besoin de cette hypothèse." ("Tuan, saya tidak memerlukan hipotesis semacam itu.") Materialisme dialektik berangkat untuk menemukan hukum-hukum inheren dari pergerakan alam. Walaupun kebetulan memainkan peran dalam semua proses alam, dan secara prinsip tidaklah dapat diabaikan bahwa, contohnya, kepunahan dinasaurus salah satunya disebabkan oleh sebuah asteroid yangnyasar, merupakan satu hal yang sangat menyesatkan dan kontraproduktif kalau kita mencoba mencari penyebab kepunahan massal secara umum dari gejala-gejala eksternal, yang sama sekali tidak berhubungan dengan proses yang sedang kita teliti. Hukum-hukum yang mengatur evolusi spesies haruslah dicari dan ditemukan dalam proses evolusi itu sendiri, yang mencakup baik masa-masa perubahan gradual yang panjang dan lambat, maupun masa-masa lainnya di mana perubahan dipercepat dengan luar biasa, melahirkan baik kepunahan massal dari beberapa spesies maupun kemunculan dan penguatan dari spesies-spesies baru.
Kekurangmampuan kita untuk menangkap proses secara keseluruhan, untuk memahami ciri-cirinya yang kontradiktif, kompleks, dan non-linear - yaitu, kekurangmampuan untuk melakukan pendekatan dialektik - inilah yang membuat orang mengadakan upaya-upaya sembarangan untuk memecahkan persoalan, dengan bersandarkan pada faktor-faktor eksternal, seperti deus ex machina,[1] kelinci yang ditarik dari topi tukang sulap. Sepanjang jalan ini hanya terdapat jalan buntu yang paling buntu. Lebih jauh lagi, kecenderungan yang teramat menakjubkan untuk menerima skenario yang paling liar - hampir semua hal yang melibatkan ide tentang kemungkinan datangnya bencana dari langit, menandakan, setidaknya, akhir jaman - adalah suatu hal yang menyingkap bagi kita banyak hal mengenai aspek psikologis dari masyarakat di dasawarsa terakhir abad ke-20 ini.

Kelahiran Manusia yang Revolusioner

Jaman yang dikenal sebagai Kenozoikum dimulai dengan kepunahan massal 65 juta tahun lalu dan telah berlangsung terus sampai sekarang. Selama jaman ini, benua-benua terus bergeser, berpisah dan bertumburan. Ini menciptakan kondisi-kondisi lingkungan yang baru. Dalam 20 juta tahun pertama suhu naik terus, dan satu zona tropispun muncul, di mana kondisi-kondisi di Inggris, misalnya, menyerupai kondisi hutan di Malaya. Perkembangan yang paling penting dalam evolusi dalam jaman ini adalah kebangkitan yang luar biasa cepat dari mamalia, yang mengambil alih lingkungan yang ditinggalkan oleh para reptil. Sampai 40 juta tahun lalu, primata, gajah, babi, hewan pengerat, kuda, duyung, penyu, ikan paus dan kelelawar, beserta kebanyakan ordo burung modern dan berbagai familia tumbuhan, telah muncul.
Kebangkitan mamalia dapat dilihat sebagai sejenis perarakan yang penuh kemenangan, di mana evolusi berjalan semakin jauh ke atas, dalam garis yang tak terputus, yang berpuncak pada kelahiran umat manusia, mahkota evolusi yang bertahtakan mutu manikam. Tapi bukan ini yang terjadi. Evolusi tidak pernah berjalan dalam garis yang lurus, seperti yang telah kita lihat. Masa-masa pertumbuhan yang intensif, juga dalam masa ini, diikuti oleh pembalikan yang dramatik, kematian dan kepunahan. Dua periode utama kepunahan dikaitkan dengan perubahan lingkungan yang tajam. Sampai 40-30 juta tahun lalu, kita mendapati satu permulaan proses pendinginan. Suhu jatuh secara terus-menerus sampai 25 juta tahun berikutnya, baru stabil pada tingkatannya yang sekarang pada sekitar 5 juta tahun lalu. Periode ini mencatat masa-masa kepunahan paling mutakhir yang kini melanda mamalia.
Primata, nenek moyang kera dan manusia, tersebar di seluruh dunia. Masa-masa kepunahan dinosaurus memiliki dampak pada banyak familia dari jenis ini. Kondisi lingkungan yang baru membawa mereka pada perkembangan spesies baru yang yang lebih baik tingkat adaptasinya terhadap kondisi yang telah berubah. Sangat berguna kalau kita menyebutkan bahwa kondisi yang baru itu terutama mempengaruhi Afrika dan Eurasia, bukannya Amerika. Pada waktu ini, Antartika mencapai Kutub Selatan dan mulai ditutupi dengan es. Selama 10-20 juta tahun berikutnya, terjadi lagi satu masa pertumbuhan yang eksplosif dari mamalia - dari jenis yang berukuran paling besar yang pernah ada - di mana banyak spesies kera mulai bermunculan. Namun desain dasar kera tidak berubah selama masa ini, sampai satu pergeseran iklim baru yang tajam membawa transformasi yang tajam pula. Ada ketidaksepakatan yang cukup tajam antar para paleontologis tentang masalah kapan dan bagaimana hominid berpisah dari kera. Terdapat tanda-tanda dari tulang-tulang bahwa sejak 14 juta tahun lalu telah terdapat sebuah spesies yang menyerupai kera modern. Para ilmuwan percaya bahwa tulang-tulang ini berasal dari satu spesies yang hidup baik di Afrika maupun Eurasia sejak 14-7 juta tahun lalu. Kelihatannya ia adalah satu spesies yang sangat sukses dalam evolusinya, dan merupakan nenek-moyang bersama dari manusia, kera dan gorila. Lalu, 10-7 juta tahun lalu, terdapat lagi satu perubahan lingkungan yang dramatik.
Antartika telah tertutupi oleh glaser lalu lapisan es itu menyebar, bukan hanya ke selatan, tapi juga ke utara, sampai ia menutupi Alaska, Amerika Utara, dan Eropa Utara. Karena semakin banyak air yang terjebak ke dalam es, tingkat permukaan air laut semakin turun. Telah diperkirakan bahwa kejatuhan tingkat permukaan air laut lebih dari 150 meter pada saat itu. Sebagai hasilnya, muncul banyak massa-daratan yang baru; jembatan darat terbentuk antara Eropa dan Afrika, Asia dan Amerika, Inggris dan Eropa daratan, yang memungkinkan migrasi lebih jauh dari berbagai spesies. Laut Tengah diuapkan sepenuhnya. Iklim di sekitar katulistiwa menjadi amat kering, menghasilkan padang pasir yang amat luas, beriringan dengan semakin mengecilnya hutan-hutan, dan kemunculan padang-padang rumput yang maha luas. Pada waktu ini, Asia dipisahkan dari Afrika oleh gurun-gurun, mengisolasi kera-kera Afrika dari kerabat mereka di Asia. Tidak terhindarkan lagi, ini adalah masa kepunahan massal yang baru. Tapi ia juga merupakan masa kelahiran bagi spesies-spesies baru. Pada titik tertentu, mungkin 7 juta tahun lalu, perkembangan mamalia menghasilkan spesies hominid (primata yang mirip manusia) yang pertama.
Kini telah diterima luas bahwa umat manusia bermula dari Afrika. Pada 5,3 juta tahun lalu, Laut Tengah mendapatkan kembali bentuknya, dan satu spesies kera berkembang di Afrika, yang, dalam masa sejuta tahun berkembang ke tiga jurusan berbeda, yang akhirnya melahirkan simpanse, hominid dan gorila. Pemisahan atas ketiga cabang ini merupakan satu hasil dari tekanan lingkungan di Afrika Timur. Penyebaran glaser di Afrika Selatan menghasilkan perubahan dramatik di Afrika Timur - penggundulan hutan yang dahsyat, karena curah hujan yang menipis dan iklim yang secara umum menjadi semakin kering. Ini mungkin adalah daya-penggerak yang membawa pada pemisahan ketiga spesies proto-kera itu. Sampai saat itu, mereka masih tinggal di atas pepohonan. Kini mereka memiliki tiga pilihan:
  1. Sebagian dari mereka tetap tinggal di hutan. Mereka ini pastilah yang paling berhasil dalam mengumpulkan makanan dari sumber-sumber yang sangat terbatas. Namun, penurunan dari luas habitat mereka pastilah telah membuat jumlah mereka menurun dengan cepat.
  2. Kelompok lain, yang terpaksa pindah ke pinggiran hutan, dengan pepohonan yang lebih jarang dan sumber makanan yang lebih sedikit, akhirnya terpaksa meningkatkan cakupan pengumpulan makanan mereka dengan bergerak di atas tanah, sambil tetap tinggal di dekat pepohonan untuk mendapatkan perlindungan. Kelompok ini diwakili oleh simpanse modern.
  3. Kelompok ketiga, yang mungkin terdiri dari bagian yang paling lemah dan kurang trampil dari spesies itu dipaksa oleh kompetisi yang ketat memperebutkan sumber makanan yang semakin menipis itu untuk pindah sepenuhnya dari hutan. Mereka kemudian dipaksa bukan hanya untuk pindah bergerak di atas tanah tapi juga untuk berpindah-pindah ke tempat-tempat yang jauh untuk mendapatkan makanan yang perlu bagi kelangsungan hidup mereka. Mereka terpaksa mengembangkan satu cara hidup yang sama sekali baru, berbeda secara radikal dari primata-primata lainnya.
Tekanan lingkungan di Asia yang disebabkan oleh perubahan iklim ini juga mendorong beberapa kelompok kera untuk berpindah ke pinggir hutan. Ini kemudian berkembang menjadi babun modern, yang bergerak di tanah untuk mencari makanan, tapi kembali ke pohon untuk mendapatkan perlindungan. Primata menunjukkan berbagai jenis cara bergerak. Tarsier melompat dan memeluk pepohonan; kera gibon berayun dari dahan ke dahan; orangutan bergerak dengan "keempat tangannya"; gorila berjalan dengan bantuan tangannya; monyet adalah quadruped [bergerak dengan empat kaki] sejati; hanya hominid yang mencoba untuk sepenuhnya menjadi bipedal [bergerak dengan dua kaki].
"Spekulasi lain telah pula terjadi berkaitan dengan penggunaaan tangan. Jika kita ingin melompat dan meraih sesuatu, kita harus memiliki kemampuan untuk menaksir jarak secara akurat. Jika tidak kita bisa-bisa tidak mendapatkan apa-apa; atau malah gagal meraih dahan pohon sama sekali dan jatuh. Cara untuk menaksir jarak secara akurat adalah melalui penglihatan binokular; memfokuskan kedua mata pada satu objek untuk menghasilkan satu persepsi tentang kedalaman. Hal ini menuntut agar mata terletak di bagian depan tengkorak dan menghadap ke depan, bukan di sisi kepala, seperti mata seekor tupai. Nenek-moyang primata mengembangkan pandangan semacam itu. Tengkorak mereka menjadi bundar untuk mengakomodasi posisi mata yang baru, dan bersama dengan perubahan bentuk itu datanglah perbesaran dalam kapasitas tengkorak dan kesempatan untuk memperoleh otak yang lebih besar. Pada saat yang sama, rahang mengecil. Dengan tangan, seekor hewan tidak perlu melakukan seluruh pengumpulan makanan dan perburuannya dengan giginya. Ia akan dapat menanggung resiko memiliki sebuah rahang yang lebih kecil dan jumlah gigi yang lebih sedikit. Kera dan monyet modern - dan juga manusia - memiliki enam belas gigi pada tiap rahang. Nenek moyang mereka memiliki sebanyak dua puluh dua pada masing-masing rahang."[iii]
Fisiologis Jerome Bruner dalam tulisannya mengenai perkembangan mental anak-anak, telah menekankan bahwa perilaku yang trampil memiliki banyak persamaan dengan penciptaan bahasa di satu pihak dan kemampuan memecahkan masalah di pihak lain. Ketrampilan yang paling sederhana melibatkan penggunaan satu atau kedua tangan dan panduan visual. Tentang perkembangan tangan manusia, Bruner menulis demikian:
"Tangan manusia adalah sistem yang tumbuh dengan lambat, dan butuh bertahun-tahun sebelum manusia dapat menunjukkan kecerdasan manual yang telah membedakan spesies kita dari yang lain - penggunaan dan penciptaan alat. Sesungguhnya, secara historis, tangan dianggap bahkan oleh mereka yang mempelajari evolusi primata sebagai hal yang tidak terlalu menarik perhatian. Wood Jones ingin agar kita percaya bahwa terdapat perbedaan morfologi yang kecil saja antara tangan monyet dan tangan manusia, tapi perbedaan itu adalah pada fungsinya, yang dikendalikan oleh sistem syaraf pusat. Namun, seperti yang telah ditunjukkan oleh Clark dan Napier, arah evolusioner dari perubahan morfologis pada tangan, dari shrew ke kera Dunia Baru ke kera Dunia Lama ke manusia, inilah yang seharusnya mengungkapkan bagaimana fungsi tangan berubah dan, bersamanya, berubah pula sifat implementasi dari kecerdasan manusia.
"Perubahan itu telah berlangsung dengan stabil pada arah despesialisasi yang bentuknya sangat khusus. Tangan dibebaskan dari fungsinya sebagai alat pergerakan, dari fungsi penyangga tubuh, dan dari fungsi-fungsi spesial semacam yang dijalankan oleh cakar dan berbagai bentuk eksotik dari buku jari. Dengan menjadi lebih terdespesialisasi dalam fungsi, artinya menjadi lebih banyak variasi fungsi yang dapat dilakukan. Tanpa kehilangan kapasitasnya sebagai penyeimbang berat tubuh, konvergensi dalam mengambil makanan, alat untuk memegang dan memanjat, atau alat pertahanan diri - semua adalah bagian dari warisan nenek moyang keranya - tangan dalam evolusi primata yang maju mencapai beberapa kemampuan fungsional baru sambil mengalami beberapa perubahan morfologi yang diperlukan. Satu kapasitas gabungan dari kekuatan dan kemampuan menggenggam secara presisi ditambahkan kepadanya.
"Fleksibilitas dari telapak dan ibu jari meningkat melalui perubahan dalam tulang-tulang hamat dan trapesium dalam artikulasinya. Ibu jari memanjang dan sudut diamnya terhadap tangan meningkat. Buku-buku terminal melebar dan menguat, terutama ibu jari. Napier mungkin melebih-lebihkan ketika ia mengatakan, 'Bukti-bukti yang ada sekarang menunjukkan bahwa alat-alat batu dari manusia-manusia purba dibuat sebaik (atau seburuk) apa yang dapat kita buat sekarang dengan tangan kita.' Pastinya, tangan yang tadinya dungu itu menjadi semakin pandai ketika dipekerjakan dalam program-program cerdas yang disusun oleh kebudayaan kita."[iv]
Fosil-fosil hominid pertama ditemukan di Afrika Timur, dan termasuk dalam spesies yang dikenal sebagai Australopithecus Afarensis, yang hidup sekitar 3,5-3,3 juta tahun lalu. Mahluk-mahluk mirip kera ini mampu berjalan tegak, memiliki tangan dengan ibu jari yang berlawanan posisinya dengan jari lainnya, dan dengan demikian mampu memanipulasi alat. Kapasitas rongga otaknya lebih besar dari kera lainnya (450 cc). Sampai saat ini, belum ada ditemukan alat-alat yang dapat dihubungkan dengan hominid-hominid awal ini, tapi alat-alat itu terbukti ada ketika kita menjumpai spesies pertama yang jelas-jelas dikenali sebagai manusia, yang diberi nama dengan tepat sekali sebagai Homo habilis ("manusia pembuat alat"), yang berjalan tegak, memiliki tinggi 1,20 meter dan memiliki kapasitas otak sebesar 800 cc.
Pada titik mana pemisahan sejati dari manusia dan kera hominid terjadi? Paleontologis telah berdebat lama tentang hal ini. Jawaban ini telah dikemukakan oleh Engels dalam esai adikaryanya The Part Played by Labour in the Transition of Ape to Man. Tapi sesungguhnya hal ini telah diantisipasi oleh Marx dan Engels jauh sebelumnya dalam karya perdana mereka, The German Ideology, yang ditulis di tahun 1845:
"Manusia dapat dibedakan dari hewan melalui kesadarannya, melalui agama atau apapun yang Anda sukai. Mereka sendiri mulai membedakan diri mereka dari hewan segera setelah mereka mulai menghasilkan alat-alat pemenuhan kebutuhan hidup mereka, satu langkah yang dikondisikan oleh organisasi fisik mereka. Dengan menghasilkan alat-alat pemenuhan kebutuhan hidupnya, manusia secara tidak langsung menghasilkan kehidupan material mereka."[v]

Peran dari Pembuatan Alat

Dalam satu upaya yang mengada-ada untuk menjelekkan pandangan materialis tentang asal-usul spesies manusia, seringkali dikemukakan bahwa manusia bukanlah satu-satunya hewan yang dapat "menggunakan alat". Argumen ini sepenuhnya kosong. Walaupun banyak hewan (bukan hanya monyet dan simpanse, tapi juga beberapa jenis burung dan serangga) dapat disebut menggunakan "alat" untuk beberapa aktivitas tertentu, semua ini terbatas pada material alami apa yang dapat mereka temukan - tongkat, batu, dsb. Lebih jauh lagi, penggunaan semacam itu hanya merupakan aktivitas yang kebetulan saja, seperti ketika seekor monyet melemparkan sebatang tongkat untuk merontokkan buah dari tangkainya, atau tindakan terbatas yang sekalipun boleh jadi kompleks tapi sepenuhnya merupakan hasil dari naluri dan pengkondisian genetik. Tindakan-tindakannya selalu sama ketika diulangi. Sama sekali tidak terdapat perencanaan yang cerdas, pemahaman akan apa yang akan terjadi atau kreativitas, kecuali pada tingkatan yang sangat terbatas pada beberapa spesies mamalia yang paling maju, tapi bahkan kera-kera yang paling maju sama sekali tidak memiliki aktivitas yang mirip dengan aktivitas produktif dari manusia yang paling primitif sekalipun.
Point yang hakiki di sini bukanlah bahwa manusia "menggunakan alat". Masalah sebetulnya adalah bahwa manusia adalah satu-satunya hewan yang membuat alat, dan bukan sebagai aktivitas kebetulan yang terisolasi, melainkan sebagai satu kondisi hakiki bagi keberadaan mereka, yang merupakan dasar bagi segala sesuatu yang lainnya. Maka, sekalipun secara genetik manusia dan simpanse hampir-hampir identik, dan perilaku dari hewan-hewan ini dalam beberapa hal mirip sekali dengan manusia, simpanse yang paling cerdaspun tidak sanggup membuat alat batu yang paling kasar seperti yang dihasilkan oleh Homo erectus, satu mahluk yang berada di ambang evolusioner menuju umat manusia.
Dalam bukunya yang paling mutakhir, The Origin of Humankind, Richard Leakey menyatakan hal ini:
"Simpanse adalah mahluk yang trampil dalam menggunakan alat, dan menggunakan tongkat untuk memanen rayap, dedaunan sebagai sepon, dan batu untuk memecahkan biji-bijian. Tapi - sejauh ini, setidaknya - tidak ada simpanse di alam liar yang terlihat memproduksi alat-alat batu. Manusia mulai memproduksi alat-alat dengan sisi tajam 2,5 juta tahun lalu dengan mengadu dua buah batu, dan dengan demikian memulai satu rangkaian aktivitas teknologis yang telah menggarisbawahi prasejarah manusia."[vi]
Bandingkan itu dengan apa yang ditulis Engels di tahun 1876:
"Banyak monyet menggunakan tangan mereka untuk membangun sarang bagi diri mereka di dahan-dahan atau bahkan, seperti simpanse, untuk membangun atap antara cabang-cabang untuk perlindungan terhadap cuaca. Dengan tangan mereka dapat menggenggam tongkat pemukul untuk mempertahankan diri terhadap musuh, atau membombardir lawannya dengan buah atau batu-batuan. Di dalam penangkaran, mereka mengerjakan dengan tangan mereka sejumlah pekerjaan sederhana yang ditiru dari manusia. Tapi justu di sinilah kita melihat betapa besarnya jurang antara tangan yang belum berkembang dari kera yang paling maju sekalipun, dan tangan manusia yang telah disempurnakan oleh kerja selama ratusan ribu tahun. Jumlah dan pengaturan umum dari tulang-tulang dan otot-otot di antara keduanya sama; tapi tangan dari orang yang paling barbar sekalipun dapat melakukan ratusan pekerjaan yang tidak akan pernah dapat ditiru oleh tangan monyet. Tidak ada tangan mahluk kera yang pernah membuat pisau batu yang paling kasar sekalipun."[vii]
Nicholas Toth telah menghabiskan banyak waktu dalam usaha untuk merekonstruksi metode yang digunakan oleh manusia-manusia purba untuk menghasilkan alat-alat, dan telah sampai pada kesimpulan bahwa proses pembuatan alat batu yang paling dasar pun membutuhkan bukan saja ketelitian dan ketrampilan tangan, tapi juga satu tingkatan kemampuan merencanakan dan melihat apa yang akan terjadi ke depan.
"Untuk dapat bekerja secara efisien, para pembuat alat batu harus memilih sebutir batu dengan bentuk yang sesuai, mengambil sudut siku untuk menghantam; dan gerakan menghantam itu sendiri membutuhkan latihan yang banyak untuk dapat menyalurkan jumlah tenaga yang tepat di tempat yang tepat. 'Kelihatannya jelas bahwa proto-manusia pertama yang membuat alat memiliki satu naluri yang baik akan dasar-dasar pengerjaan batu,' Toth menulis dalam sebuah paper di tahun 1985. 'Tidak ada keraguan bahwa para pembuat alat yang pertama memiliki kapasitas mental jauh di atas kera-kera,' ia memberi tahu saya baru-baru ini. 'Pembuatan alat membutuhkan satu koordinasi atas kemampuan motorik dan kognitif yang cukup tinggi.'"[viii]
Ada satu korelasi yang erat antara tangan, otak, dan lain-lain organ tubuh. Bagian dari otak yang berhubungan dengan tangan jauh lebih besar dari yang berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Darwin telah memahami fakta bahwa perkembangan berbagai bagian dari oranisme terhubung dengan perkembangan dari bagian lain yang kelihatannya tidak memilii hubungan apapun dengannya. Ia menyebut gejala ini hukum korelasi pertumbuhan. Perkembangan ketrampilan menggunakan tangan melalui kerja menyediakan satu rangsangan untuk perkembangan otak yang cepat.
Perkembangan umat manusia bukanlah satu kebetulan, tapi merupakan hasil dari satu keharusan. Posisi berdiri tegak dari hominid-hominid pertama diperlukan untuk memungkinkan mereka bergerak bebas di padang rumput dalam rangka mencari makanan. Kepala harus didudukkan di puncak tubuh untuk dapat mendeteksi keberadaan hewan pemangsa, seperti yang kita lihat pada lain-lain satwa penghuni padang rumput, seperti meerkat. Sumber makanan yang terbatas menghasilkan satu keharusan untuk mengumpulkan dan memindahkannya, hal yang merupakan daya pendorong pengembangan tangan.
Kera tidaklah memiliki tubuh yang sesuai untuk berjalan pada dua kaki dan hanya dapat melakukan hal itu dengan kikuk. Anatomi dari hominid awal menunjukkan struktur tulang yang jelas teradaptasi untuk cara berjalan tegak. Postur tegak ini memiliki kelemahan-kelemahan yang besar. Mustahil bagi mahluk bipedal untuk dapat berlari secepat mereka yang berjalan dengan empat kaki. Dalam banyak cara, bipedalisme adalah satu postur yang tidak alamiah, yang menjelaskan keberadaan penyakit punggung yang telah menghantui manusia sejak masih tinggal di gua-gua sampai sekarang. Keuntungan besar dari bipedalisme adalah bahwa posisi itu membebaskan tangan untuk dapat bekerja. Inilah lompatan besar umat manusia. Kerja, bersama dengan alam, adalah sumber segala kekayaan. Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh Engels, tentu tidaklah terbatas pada ini saja:
"Kerja adalah kondisi dasar bagi seluruh keberadaan manusia, dan cakupannya adalah sedemikian rupa sehingga, dalam makna tertentu, kita harus mengatakan: kerja menciptakan manusia itu sendiri."
Perkembangan tangan melalui kerja terkait erat dengan perkembangan tubuh secara keseluruhan.
"Maka tangan bukan saja organ untuk bekerja, ia juga merupakan hasil dari kerja itu sendiri. Hanya melalui kerja, melalui adaptasi untuk pekerjaan-pekerjaan yang semakin baru, melalui pewarisan perkembangan otot, ligamen dan, setelah beberapa waktu, juga tulang khusus yang telah diperoleh, dan melalui pengerjaan yang semakin diperbaharui atas perbaikan yang diwariskan ini dalam pekerjaan-pekerjaan yang baru dan semakin rumit, hanya melalui semua inilah tangan manusia mencapai tingkat kesempurnaan yang tinggi, yang telah memungkinkannya menghasilkan lukisan seperti karya Raphael, patung-patung seperti karya Thorwaldsen, dan musik seperti karya Paganini.
"Tapi tangan tidaklah hadir sendirian. Ia hanyalah salah satu anggota dari keseluruhan organisme yang kompleks itu. Dan apa yang menguntungkan bagi tangan, menguntungkan pula seluruh tubuh yang ia layani."[ix]
Hal yang sama berlaku pula untuk bahasa. Sekalipun kera sanggup menghasilkan serangkaian bunyi-bunyian dan sikap tubuh yang boleh dilihat sebagai sejenis "bahasa" embrionik, segala upaya yang pernah dicoba untuk mengajari mereka berbicara telah menemui kegagalan. Bahasa, seperti dijelaskan Engels, adalah satu hasil dari proses produksi kolektif, dan hanya dapat lahir dalam sebuah spesies yang aktivitas hidupnya bergantung semata pada kerja-sama dalam rangka menghasilkan alat, satu proses yang kompleks yang harus dipelajari secara sadar dan diteruskan dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Tentang hal ini, Noam Chomsky menulis:
"Setiap orang yang ingin mempelajari sifat manusia dan kapasitasnya haruslah dengan satu atau lain cara memahami fakta bahwa semua manusia normal mendapatkan kemampuan berbahasa, sementara kemampuan untuk memahami dasar-dasar bahasa yang paling kasarpun berada jauh di luar kemampuan dari kera yang paling cerdas sekalipun."
Belakangan ini, telah menjadi jamak untuk mencoba menunjukkan bahwa bahasa bukanlah satu hal yang khas manusia. Walaupun tidak ada keraguan sedikitpun bahwa sistem komunikasi juga ada di antara hewan-hewan, sangatlah tidak tepat jika kita menggambarkan hal itu sebagai bahasa. Bahasa manusia muncul dari masyarakat manusia dan aktivitas produksi manusia yang ko-operatif, dan berbeda secara kualitatif dengan sistem-sistem komunikasi lain di kalangan hewan, bahkan sistem yang paling kompleks sekalipun.
"Bahasa manusia kelihatannya adalah suatu gejala yang unik, tanpa analogi yang cukup baik dalam dunia hewan. Jika benar demikian, merupakan hal yang tidak masuk nalar untuk mengangkat persoalan bagaimana menjelaskan evolusi bahasa manusia dari sistem-sistem yang lebih primitif yang muncul di kalangan kapasitas kecerdasan yang lebih rendah tingkatannya."
Dan lagi:
"Sejauh kami ketahui, kepemilikan manusia atas bahasa berhubungan dengan jenis organisasi mental yang khusus, bukan sekedar tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Kelihatannya tidak ada gunanya untuk memandang bahasa manusia sebagai sekedar satu peristiwa yang lebih kompleks dari sesuatu yang ditemukan juga di dunia hewan. Hal ini merupakan sebuah masalah bagi para ahli biologi, karena, jika hal ini benar, ini adalah satu contoh dari 'kemunculan' sejati - munculnya satu gejala yang berbeda secara kualitatif pada tahap tertentu dari kompleksitas organisasi."[x]
Perkembangan ukuran otak yang cepat merupakan satu masalah tambahan, khususnya dalam hubungannya dengan proses melahirkan bayi. Sementara seekor bayi kera memiliki ukuran otak sebesar 200 cc - sekitar setengah dari ukuran otak dewasanya - bayi manusia (385 cc) hanya memiliki seperempat dari ukuran otak manusia dewasa (sekitar 1350 cc). Bentuk dari tulang pinggul manusia, yang teradaptasi untuk berjalan tegak membatasi ukuran bukaan pinggul. Maka, semua bayi manusia dilahirkan "secara prematur", sebagai hasil dari otak manusia yang berukuran besar dan pembatasan yang dipaksakan oleh rekayasa biologis melalui bipedalisme.
Ketidakberdayaan yang sangat dari seorang bayi manusia nampak jelas jika dibandingkan dengan spesies mamalia yang lain. Telah diajukan oleh Barry Bogin, seorang ahli biologi di University of Michigan, bahwa tingkat pertumbuhan tubuh yang lambat dari bayi manusia, jika dibandingkan dengan kera, berhubungan dengan waktu panjang yang dibutuhkan untuk menyerap aturan-aturan dan teknik yang kompleks dari masyarakat manusia. Bahkan perbedaan antara ukuran tubuh anak dan dewasa membantu menegakkan satu hubungan guru-murid, di mana yang muda belajar dari yang tua, sementara di kalangan kera pertumbuhan yang cepat akan segera menumbuhkan rivalitas fisik. Ketika proses pembelajaran yang panjang ini selesai, tubuh dengan cepat mengejar dengan satu lompatan mendadak dalam pertumbuhannya ketika masa remaja.
"Manusia menjadi manusia melalui pembelajaran yang intensif bukan hanya atas kemampuan bertahan hidup tapi juga atas adat dan moral sosial, kekerabatan dan hukum-hukum sosial - yakni, kebudayaan. Lingkungan sosial di mana bayi yang tak berdaya dipelihara dan anak-anak yang lebih tua diberi pendidikan adalah satu ciri yang lebih menjadi milik manusia ketimbang kera."[xi]

Organisasi Sosial

Kehidupan di padang rumput terbuka dengan berjenis hewan pemangsa adalah pekerjaan yang berbahaya. Manusia bukanlah hewan yang perkasa; dan hominid-hominid awal jauh lebih kecil dari manusia modern. Mereka tidak memiliki cakar yang kuat atau gigi yang tajam, mereka juga tidak dapat berlari lebih cepat dari singa maupun pemangsa berkaki empat lainnya. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan mengembangkan satu komunitas yang sangat terorganisir dan ko-operatif untuk sebuah eksploitasi kolektif atas sumber makanan yang langka itu. Tapi langkah yang menentukan tidak diragukan lagi adalah pembuatan artefak, dimulai dengan kapak-kapak batu, yang digunakan untuk berbagai macam keperluan. Sekalipun penampilan mereka amat sederhana, alat-alat ini sebetulnya sudah mencapai tingkat yang sangat canggih dan serba-guna, yang pembuatannya menunjukkan tingginya tingkatan organisasi, perencanaan, dan setidaknya unsur-unsur dari pembagian kerja. Di sinilah kita mendapati permulaan sejati dari masyarakat manusia. Mengutip Engels:
"Seperti yang telah dikatakan, mahluk kera yang merupakan nenek moyang kita harus bersifat bersahabat; tentunya mustahil mencari garis keturunan manusia, hewan yang paling bersifat sosial, dari nenek-moyang yang tidak bersahabat. Penguasaan atas alam, yang dimulai dengan perkembangan tangan, melalui kerja, meluaskan cakrawala manusia pada tiap langkah maju yang diambilnya. Ia terus-menerus menemukan sifat-sifat baru dari benda-benda alami, yang tadinya tidak dipahaminya. Di pihak lain, perkembangan kerja pastilah membantu membawa anggota-anggota masyarakat semakin dekat satu sama lain melalui semakin banyaknya kasus yang membutuhkan dukungan bersama, aktivitas gabungan, dan melalui datangnya pemahaman akan pentingnya aktivitas gabungan ini bagi tiap individu. Pendeknya, mahluk-mahluk yang sedang bergerak untuk menjadi manusia itu sampai pada titik di mana mereka membutuhkan untuk saling bercakap-cakap. Kebutuhan itu membawa pada penciptaan organ untuk hal itu; melalui modulasi, kerongkongan kera yang agak terbelakang itu berubah perlahan-lahan untuk dapat membuat modulasi yang semakin hari semakin maju, dan organ-organ mulut secara perlahan belajar untuk mengucapkan huruf-huruf satu demi satu."[xii]
Pembuatan alat, awal pembagian kerja, yang awalnya dibagi antara laki-laki dan perempuan, perkembangan bahasa, dan sebuah masyarakat yang didasarkan pada kerja sama - inilah unsur-unsur yang menandai kemunculan sejati dari umat manusia. Ini bukanlah proses yang lambat dan gradual, melainkan lagi-lagi adalah lompatan revolusioner, salah satu titik-balik yang paling menentukan dalam evolusi. Mengutip kata-kata paleontologis Lewin Binford, "Spesies kita telah sampai - bukan sebagai hasil dari proses progresif yang bertahap tapi secara eksplosif dalam jangka waktu yang relatif singkat."[xiii]
Hubungan antara kerja dan lain-lain faktor dijelaskan oleh Engels:
"Yang pertama adalah kerja, lalu setelah itu, pengucapan yang fasih - inilah dua rangsangan yang paling hakiki yang mempengaruhi otak dari kera untuk perlahan-lahan berubah menjadi otak manusia, yang sekalipun banyak persamaan di antara keduanya tetap saja otak manusia lebih besar dan lebih sempurna. Bersama dengan perkembangan otak berjalan juga perkembangan dari peralatannya yang paling langsung - organ-organ pengindera. Seperti halnya perkembangan pengucapan pasti disertai dengan perkembangan organ-organ pendengaran, demikian juga perkembangan otak secara keseluruhan disertai pula dengan pengasahan semua indera. Seekor elang dapat melihat dalam jarak yang lebih jauh daripada manusia, tapi mata manusia melihat lebih banyak benda daripada mata elang. Anjing memiliki penciuman yang lebih tajam daripada manusia, tapi ia tidak dapat membedakan seperseratus bagian dari satu bau tertentu yang dapat dibedakan oleh manusia. Dan indera perasa, yang dimiliki oleh kera hanya dalam bentuk awalnya yang paling kasar, telah dikembangkan sejajar dengan perkembangan tangan manusia itu sendiri, melalui kerja."
Hominid-hominid awal memiliki sumber makanan yang dominan vegetarian, sekalipun penggunaan alat yang paling primitif seperti tongkat penggali memberi mereka akses pada sumber pasokan yang tidak dapat dicapai oleh kera-kera lain. Diet ini diperkuat oleh sejumlah kecil daging, yang didapat dengan cara memungut bangkai. Terobosan sesungguhnya datang ketika pembuatan alat dan senjata memungkinkan manusia untuk beralih kepada perburuan sebagai sumber makanan yang primer. Konsumsi daging tak diragukan lagi membawa manusia pada perkembangan otak yang semakin cepat:
"Makanan dari daging," tulis Engels, "mengandung zat-zat paling hakiki yang dibutuhkan organisme bagi metabolismenya dalam keadaan yang hampir jadi. Hal ini memperpendek waktu yang dibutuhkan, bukan hanya untuk pencernaan, tapi juga bagi proses-proses tubuh yang vegetatif, yang masih berkerabat dengan proses serupa pada tumbuhan, dan dengan demikian meraih waktu yang lebih panjang, material, dan keinginan akan sebuah manifestasi aktif atas kehidupan hewani dalam maknanya yang setepat-tepatnya. Dan semakin jauh mahluk itu bergerak untuk menjadi manusia, semakin jauh ia terpisah dari dunia tumbuhan, semakin tinggi pula ia bangkit mengatasi hewan-hewan. Seperti ketika kucing dan anjing liar menjadi pembantu manusia ketika mereka semakin terbiasa dengan pangan dari tumbuhan di samping daging, demikian pula adaptasi terhadap pangan dari daging, di samping pangan dari tumbuhan, memberikan sumbangan yang besar pada kekuatan tubuh dan kemandirian dari mahluk yang kelak menjadi manusia itu. Namun, efek yang paling hakiki dari pangan dari daging adalah pada otak, yang kini menerima pasokan material yang jauh lebih kaya, material yang diperlukan untuk pasokan gizi dan perkembangannya, sehingga ia dapat berkembang lebih cepat dan sempurna dari generasi ke generasi."[xiv]
Point yang persis sama diajukan oleh Richard Leakey, yang menghubungkan hal itu dengan satu perubahan mendasar dalam organisasi sosial. Di kebanyakan primata lain, terdapat kompetisi yang buas antar para jantan untuk dapat mengawini betinanya. Hal ini tercermin dalam perbedaan yang nampak nyata dalam ukuran tubuh antara, katakanlah, jantan dan betina dari babun padang rumput. Perbedaan semacam itu terlihat pula pada hominid-hominid awal, seperti Australopithecus afarensis. Hal ini menunjukkan satu struktur sosial yang lebih mirip kera ketimbang manusia. Dengan kata lain, adaptasi fisik seperti bipedalisme, sekalipun sangat vital sebagai prakondisi untuk evolusi manusia, belumlah dapat membuat kita harus, seperti yang disarankan oleh Richard Leakey, menganggap hominid-hominid awal ini sebagai manusia.
Di antara babun padang rumput, para jantan (yang ukuran tubuhnya dua kali ukuran tubuh betinanya) meninggalkan kelompok segera setelah mereka mencapai kedewasaan, dan bergabung dengan kelompok lain, di mana mereka segera memasuki persaingan dengan pejantan yang berkuasa untuk mendapatkan akses kepada para betina. Maka, dalam istilah Darwin, para jantan ini tidak memiliki alasan (genetik) untuk bekerja sama satu dengan lainnya. Di antara simpanse, di pihak lain, untuk alasan-alasan yang sampai saat ini belum dipahami, para jantan tetap tinggal dalam kelompok di mana mereka dilahirkan, dan para betina yang bermigrasi. Simpanse jantan, yang secara genetik berkerabat, memiliki alasan Darwinian untuk bekerja sama, yang mereka lakukan, baik untuk mempertahankan kelompok itu terhadap serangan luar, maupun untuk kadang kala berburu monyet untuk menambah pasokan gizi mereka. Perbedaan dalam ukuran tubuh antara simpanse jantan dan betina hanyalah 15-20%, mencerminkan dominasi sifat kerja sama dari masyarakat ini.
Walaupun perbedaan ukuran antara anggota-anggota jantan dan betina dariAustalopithecus afarensis demikian besarnya sehingga pada awalnya fosil-fosil mereka dikira berasal dari dua spesies yang berbeda, situasinya amat berbeda pada anggota-anggota spesies manusia yang paling awal, di mana jantan hanya berbeda tidak lebih dari 20% dari betinanya, seperti pada simpanse, kerabat genetik kita yang terdekat. Tentang hal ini, Leakey berkomentar:
"Seperti yang telah diajukan oleh antropolog Cambridge Robert Foley dan Phyllis Lee, perubahan dalam perbedaan ukuran tubuh pada saat awal terbentuknya genus Homo ini jelas mencerminkan satu perubahan dalam organisasi sosialnya. Sangat mungkin, para jantan Homo yang pertama tetap tinggal dengan kelompok natalitas [sesuai dengan jalur keturunan] mereka bersama saudara-saudara kandung dan saudara-saudara angkat mereka, sementara para betina berpindah ke kelompok lain. Kekerabatan, seperti yang telah saya tunjukkan, memperbaiki kerja sama antar para jantan.
"Kita tidak dapat begitu yakin apa yang memicu pergeseran dalam organisasi sosial ini: kerja sama yang semakin baik di antara para jantan haruslah sangat menguntungkan karena satu atau lain alasan. Beberapa antropolog telah berargumen bahwa pertahanan terhadap kelompok Homo lain menjadi demikian pentingnya. Alasan lain yang sama atau bahkan lebih mungkin, adalah perubahan yang berpusat pada kepentingan-kepentingan ekonomis. Beberapa jalur pembuktian menunjukkan pada pergeseran pasokan pangan bagi Homo - di mana daging menjadi satu sumber enerji dan protein yang penting. Perubahan dalam struktur gigi pada Homo awal menunjukkan bahwa mereka memakan daging, seperti juga penyempurnaan teknologi alat batu. Lebih jauh lagi, peningkatan dalam ukuran otak adalah bagian dari paket Homo yang mungkin bahkan telah menuntut agar spesies itu menambah pasokan makanannya dengan sumber yang kaya enerji."[xv]
Kita sudah lama mengetahui bahwa otak adalah satu organ yang metabolismenya sangat mahal, yang di kalangan manusia modern menyerap 20% dari enerji yang dikonsumsi, sekalipun hanya merupakan 2% dari berat tubuh secara keseluruhan. Antropolog Australia Robert Martin telah menjelaskan bahwa peningkatan ukuran otak pada Homo awal hanya dapat terjadi pada basis peningkatan pasokan enerji, yang hanya dapat datang dari daging, dengan konsentrasi kalori, protein dan lemaknya. Awalnya, ini pasti datang dari memakan bangkai, dan beberapa aktivitas perburuan (yang, seperti kita ketahui, terjadi bahkan di kalangan simpanse). Tapi belakangan tidak diragukan lagi bahwa perburuan memainkan peran yang semakin penting dalam penyediaan pasokan makanan yang semakin beragam dan kaya gizi, dengan akibat-akibat evolusioner yang jauh jangkauannya.

Hipotesis tentang Perkembangan Manusia

Di tahun-tahun terakhir, telah terdapat kontroversi yang keras tentang peranan perburuan dalam masyarakat manusia purba. Ada satu kecenderungan untuk meremehkan peran perburuan dan lebih menekankan pada peran pengumpulan makanan dan pencarian bangkai. Walaupun persoalan ini belumlah diselesaikan secara pasti, sulitlah untuk tidak menyepakati pandangan Leakey bahwa argumen yang menentang model pemburu-pengumpul atas masyarakat manusia purba telah dibawa terlalu jauh. Juga sangat menarik untuk mencatat bagaimana kontroversi-kontroversi ini mencerminkan prasangka-prasangka atau tekanan sosial tertentu yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isu yang sedang dibahas.
Di tahun-tahun awal abad ke-20, sudut pandang idealis mendominasi. Umat manusia menjadi manusia karena otaknya, dengan tingkat pemikirannya yang tinggi, yang mendorong semua perkembangan yang lain. Belakangan, pandangan tentang "Manusia sang Pembuat Alat" muncul kembali, sekalipun dalam bentuk yang agak idealis, di mana alat-alat, tapi tidak termasuk senjata, dikatakan sebagai daya-penggerak evolusi. Kejadian-kejadian yang mengerikan sepanjang Perang Dunia II menghasilkan satu reaksi terhadapnya, dalam bentuk teori "Manusia sang Kera Pembunuh", yang diajukan "mungkin karena teori itu terlihat dapat menjelaskan (atau bahkan membenarkan) kejadian-kejadian mengerikan sepanjang jalannya perang," Leakey berkomentar dengan cerdas.
Di tahun 1960-an, terdapatlah minat besar pada !Kung San - kelompok yang diberi nama secara ngawur sebagai "Bushmen", orang-orang semak, dari gurun Kalahari, sekelompok orang yang tinggal dalam keserasian dengan lingkungan alaminya, dan mengekspoitasi lingkungan itu dengan cara yang amat kompleks. Mereka sangat cocok dengan minat atas persoalan lingkungan yang sedang berkembang saat itu di masyarakat Barat. Di tahun 1966, ide tentang "Manusia sang Pemburu" [Man the Hunter] muncul kembali dengan kuat pada satu konferensi antropologi besar di Chicago. Namun, hal ini segera dijatuhkan oleh gerakan "Pembebasan Perempuan" di tahun 1970-an. Karena perburuan biasanya dilihat sebagai aktivitasnya laki-laki, diasumsikan - tanpa alasan yang jelas - bahwa penerimaan akan hal ini berarti merendahkan martabat perempuan dalam masyarakat-masyarakat awal. Lobi kaum feminis yang kuat mengajukan hipotesis "Perempuan sang Pengumpul" [Women the Gatherer], di mana diajukan bahwa pengumpulan makanan, terutama tumbuhan, yang dapat dikerjakan bersama-sama, adalah basis evolusi masyarakat manusia yang kompleks ini.
Peranan sentral dari perempuan dalam masyarakat awal tidak dapat dibantah lagi, dan dengan jelas telah dijelaskan oleh Engels dalam karya klasiknya The Origins of the Family, Private Property and State. Namun, merupakan satu kesalahan serius jika kita memaksakan pembacaan - atau lebih buruk lagi, prasangka - yang diambil dari masyarakat masa kini ke dalam catatan-catatan historis. Perjuangan untuk emansipasi perempuan tidak akan memperoleh manfaat sedikitpun dengan cara memanipulasi realitas historis agar cocok dengan selera masa kini, tapi dengan melucutinya dari hakikat sejatinya. Kita tidak dapat membuat masa depan umat manusia lebih baik dengan melukiskan masa lalu dengan cat yang berwarna cerah. Kami juga tidak akan menganjurkan orang untuk menjadi vegetarian dengan menyangkal peran mendasar yang dimainkan oleh konsumsi daging, perburuan, dan, ya, bahkan kanibalisme, dalam proses perkembangan otak manusia.
"Dengan segala penghormatan terhadap para vegetarian, haruslah kita akui bahwa manusia tidaklah menjadi seperti sekarang tanpa adanya pasokan makanan dari daging, atau jika pemangsaan daging ini, di antara beberapa bangsa yang kita kenal, telah membawa kepada kanibalisme di satu atau saat yang lain (nenek moyang orang-orang Berlin, bangsa Weletabia atau Wilzian, masih memakan orang tua mereka sampai sekitar abad ke-10 Masehi), hal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita saat ini."[xvi]
Dengan cara yang sama, pembagian kerja pasti telah ada di antara laki-laki dan perempuan pada masyarakat manusia yang paling awal. Kesalahannya adalah dengan mencampuradukkan pembagian kerja dalam masyarakat terdahulu, di mana tidak ada kepemilikan pribadi atau keluarga seperti yang kita kenal saat ini, dengan ketidaksetaraan dan penindasan terhadap perempuan dalam masyarakat kelas modern. Dalam mayoritas masyarakat pemburu-pengumpul yang masih ada, yang diketahui oleh para antropolog, terdapat pula unsur-unsur pembagian kerja di mana para laki-laki berburu dan para perempuan mengumpulkan tumbuhan untuk makanan.
"Kemah itu adalah tempat bagi interaksi sosial yang intensif, dan satu tempat di mana makanan dibagi rata di antara mereka"; komentar Leakey, "ketika daging tersedia, pembagian ini seringkali melibatkan upacara yang rumit, yang diatur oleh aturan sosial yang ketat."
Ada alasan yang baik untuk menganggap bahwa situasi yang mirip hadir juga pada masyarakat manusia awal. Bukannya sebuah karikatur dari Darwinisme Sosial, yang berusaha mengekstrapolasi hukum-hukum rimba kapitalisme untuk berlaku bagi seluruh sejarah dan prasejarah manusia, semua bukti yang tersedia justru menunjukkan bahwa seluruh dasar masyarakat awal manusia adalah kerja sama, aktivitas kolektif dan saling berbagi. Glynn Isaac dari Harvard University membuat satu kemajuan yang penting dalam pemikiran antropologis dalam sebuah artikel besar yang diterbitkan dalam Scientific American di tahun 1978. Hipotesis berbagi makanan dari Isaac menekankan dampak sosial dari pengumpulan dan pembagian makanan secara kolektif. Dalam sebuah pidato di tahun 1982 memperingati seabad wafatnya Darwin, ia menyatakan: "Adopsi atas pembagian makanan akan mendorong perkembangan bahasa, resiprositas sosial dan kecerdasan." Dalam buku terakhirnya, The Making of Mankind, Richard Leaky menulis bahwa "hipotesis tentang pembagian makanan adalah kandidat terkuat untuk menjelaskan apa yang membuat manusia-manusia pertama mulai melangkah di jalan yang kemudian mengantarkan mereka menjadi manusia modern."
Dua juta tahun terakhir telah dicirikan oleh siklus cuaca yang unik. Masa-masa panjang pendinginan yang intensif dan pergerakan glaser telah disela oleh masa-masa pendek naiknya suhu dan mundurnya batas glaser. Jaman-jaman es memiliki rata-rata durasi sekitar 100.000 tahun, di mana masa-masa interglasial [di antara dua jaman es] berlangsung rata-rata 10.000 tahun. Di bawah kondisi yang ekstrim ini, mamalia dipaksa untuk mengembangkan bentuk-bentuk yang semakin maju, atau punah. Dari total 119 species mamalia yang hidup di Eropa dan Asia 2 juta tahun lalu, hanya sembilan yang masih terus hidup. Mayoritas besar sisanya telah berkembang menjadi spesies yang lebih maju, atau punah. Sekali lagi, kelahiran dan kematian tidak terpisahkan dalam proses dialektika evolusi yang kontradiktif, dan penuh manis-getir.
Jaman es terakhir menyerah pada masa interglasial yang baru, yang telah berlangsung sampai saat ini, tapi masa inipun akan segera berakhir. Homo erectus akhirnya menyerahkan tahtanya pada hominid yang lebih maju - Homo sapiens - sekitar 500.000 tahun lalu. Ras manusia (Homo sapiens sapiens) merupakan satu jalur evolusioner dari Homo sapiens, yang bercabang darinya sekitar seratus tahun lalu. Garis lainnya - Homo sapiens neanderthalensis - punah atau terserap ke dalam spesies kita sekitar 40.000 tahun lalu. Maka, umat manusiapun berkembang melalui masa-masa yang dicirikan dengan pendinginan yang intensif. Kondisi-kondisi ini mencerminkan perjuangan yang keras untuk bertahan hidup. Walau demikian, terdapat masa-masa lain di mana kondisi-kondisinya membaik, merangsang pertumbuhan yang cepat dan gelombang-gelombang migrasi manusia. Fajar bagi umat manusia telah menyingsing.

Engels dan Asal-usul Manusia

Bagaimana ide-ide Engels, The Part Played by Labour in the Transition of Ape to Man, bila dibandingkan dengan teori-teori evolusi yang paling mutakhir?
Salah satu paleontolog modern yang paling terkemuka adalah Stephen J. Gould. Dalam bukunya Ever Since Darwin, ia memberikan pujian ini pada essay karya Engels itu:
"Sungguh, abad ke-19 menghasilkan satu exposè yang gemilang dari sebuah sumber yang pastilah mengejutkan kebanyakan pembaca - Friederick Engels. (Sedikit perenungan seharusnya mengurangi keterkejutan itu. Engels memiliki minat yang tajam akan ilmu-ilmu alam dan berusaha mendasarkan filsafat umumnya tentang materialisme dialektik di atas satu landasan yang 'positif'. Ia tidak berkesempatan menyelesaikan 'Dialectics of Nature' tapi ia telah berhasil memasukkan satu komentar panjang tentang ilmu pengetahuan dalam esai-essai semacam Anti-Dühring.) Di tahun 1876 Engels menulis sebuah esai berjudul The Part Played by Labour in the Transition of Ape to Man. Esai itu diterbitkan setelah ia meninggal di tahun 1896 dan, sayangnya, tidak memiliki dampak yang nyata pada ilmu pengetahuan Barat.
"Engels membahas tiga ciri hakiki dari evolusi manusia: kemampuan berbicara, ukuran otak yang besar, dan posisi berdiri tegak. Ia berpendapat bahwa langkah pertama haruslah berupa turunnya nenek moyang kita dari pepohonan, dan evolusi yang menyusul berupa berdiri tegak. 'Kera-kera ini ketika bergerak di dataran mulai meninggalkan kebiasaan menggunakan tangan mereka dan mengadopsi sikap yang semakin lama semakin tegak. Inilah langkah yang menentukan dalam peralihan dari kera menuju manusia.' Posisi berdiri tegak membebaskan tangan untuk menggunakan alat (kerja, dalam istilah Engels); meningkatkan kecerdasan dan baru kemudian datang kemampuan berbicara."[xvii]
Sekalipun bukti-bukti sudah bertumpuk, teori-teori idealis tentang evolusi manusia tetap melancarkan perlawanan yang keras kepala terhadap materialisme, seperti yang kita lihat dari kutipan berikut, yang diambil dari sebuah buku yang diterbitkan baru-baru ini di tahun 1995:
"Kekuatan yang paling mungkin telah mendorong evolusi kita adalah ... proses evolusi kebudayaan. Sejalan dengan semakin kompleksnya evolusi kebudayaan kita, demikian pula otak kita, yang kemudian mendorong tubuh kita ke arah kemampuan respon yang lebih besar dan kebudayaan kita ke arah kompleksitas yang lebih tinggi dalam sebuah lingkaran umpan-balik. Otak yang besar dan cerdas membawa kita pada kebudayaan yang semakin lama semakin kompleks dan tubuh kita menyesuaikan diri untuk mengambil keuntungan daripadanya, yang pada gilirannya membawa otak yang semakin lama semakin besar dan cerdas pula."[xviii]
Para idealis telah berulang kali mencoba menyatakan bahwa manusia dibedakan dari hewan-hewan "yang lebih rendah" oleh kecerdasannya yang superior. Bagi mereka, manusia pertama, karena satu alasan yang tidak terjelaskan, "menjadi cerdas" terlebih dahulu, baru mulai bicara, menggunakan alat, melukis dan seterusnya. Jika hal ini memang benar, kita seharusnya mengharapkan hal itu tercermin dalam satu peningkatan besar atas ukuran otak pada tahap yang sangat awal dalam evolusi kita. Namun, catatan fosil menunjukkan bahwa bukan demikian halnya.
Dalam perjalanan tiga dasawarsa terakhir, telah terdapat serangkaian kemajuan besar dalam ilmu paleontologi, penemuan-penemuan fosil baru yang mencengangkan, dan cara-cara baru untuk mengartikan penemuan-penemuan itu. Menurut satu teori yang paling mutakhir, kera-kera bipedal pertama ber-evolusi sekitar 7 juta tahun lalu. Berikutnya, dalam sebuah proses yang dikenal oleh para ahli biologi sebagai "radiasi adaptif", terjadilah satu perkembangbiakan yang dahsyat dari spesies-spesies bipedal (yakni, spesies yang berjalan dengan dua kaki), dengan evolusi atas berbagai spesies kera bipedal, masing-masing beradaptasi pada kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Sekitar 2-3 juta tahun lalu, salah satu spesies mengembangkan otak yang jauh lebih besar daripada spesies lainnya - Homo erectus. Inilah hominid pertama yang menggunakan api; yang berburu sebagai sumber pasokan makanannya yang utama; yang berlari dengan cara yang sama seperti manusia modern dan yang membuat alat menurut satu rencana yang telah dirancang sebelumnya. Maka, peningkatan ukuran otak bertepatan waktunya dengan kemunculan pertama dari aktivitas pembuatan alat, sekitar 2,5 juta tahun lalu. Dengan demikian, selama 5 juta tahun, tidak ada peningkatan yang tajam dari ukuran otak, dan kemudian terjadi satu lompatan besar yang jelas berkaitan dengan pembuatan alat.
Biologi molekuler menunjukkan bahwa spesies hominid yang paling awal muncul sekitar 5 juta tahun lalu, dalam bentuk kera bipedal dengan lengan yang panjang dan jari yang melengkung. Proto-manusia ini, Australopithecus, memiliki otak yang kecil - hanya 400 cc. Lompatan kualitatif terjadi pada Homo habilis, yang memiliki ukuran otak lebih dari 600 cc - satu peningkatan yang drastis, 50%. Kemajuan besar berikutnya adalah Homo erectus, dengan ukuran otak antara 850 dan 1100 cc.
Sampai kemunculan Homo sapiens sekitar 100.000 tahun lalu, ukuran otak belum mencapai tingkat seperti yang sekarang - 1350 cc. Maka, hominid-hominid awal tidaklah memiliki ukuran otak yang besar. Evolusi manusia tidaklah didorong oleh otak. Sebaliknya, ukuran otak yang membesar adalah hasil dari evolusi manusia, khususnya pembuatan alat. Lompatan kualitatif dalam ukuran otak terjadi pada Homo habilis ("si tukang") dan jelas-jelas terkait dengan pembuatan alat batu. Sesungguhnya satu lompatan kualitatif baru terjadi pada transisi dari Homo erectus menuju Homo sapiens.
"Pikiran manusia muncul di bumi ini dengan kemendadakan yang mengejutkan," tulis John McCrone. "Hanya dalam waktu 70.000 tahun - tidak sampai sekejap mata dalam skala geologis - adalah seluruh waktu yang diperlukan untuk peralihan nenek moyang kita dari kera cerdas menjadi Homo sapiens yang memiliki kesadaran diri.
"Di sisi sebelah sana dari perbatasan evolusioner ini berdirilah Homo erectus, satu mahluk cerdas dengan otak hampir sebesar otak manusia modern, satu kebudayaan alat sederhana dan penguasaan atas api - namun secara mental masih sangat lemah. Pada sisi yang sebelah sini berdirilah Homo sapiens dengan ritual dan kesenian simboliknya - lukisan gua, manik-manik dan gelang-gelang, lampu-lampu hias dan kuburan - yang menandai kedatangan satu pikiran yang sadar-diri. Sesuatu yang mendadak dan dramatik pasti telah terjadi, dan kejadian inilah yang pasti telah menjadi titik awal bagi kesadaran manusia."[xix]

Dapatkah Kera Membuat Alat?

Belakangan ini telah menjadi mode untuk mengaburkan perbedaan antara manusia dengan anggota-anggota kerajaan hewan yang lain sampai pada titik di mana perbedaan itu hampir-hampir lenyap sama sekali. Dalam makna tertentu cara ini lebih disukai daripada segala hal tidak masuk nalar yang dikemukakan para idealis di masa lalu. Manusia adalah hewan, dan berbagi sejumlah ciri dengan hewan lain, khususnya dengan kerabat terdekat kita, kera. Perbedaan genetik antara manusia dan simpanse hanyalah sekitar dua persen. Namun, di sini juga, kuantitas berubah menjadi kualitas. Dua persen inilah yang merupakan lompatan kualitatif yang telah secara menentukan memisahkan umat manusia dari segala macam spesies yang lain.
Ditemukannya satu spesies simpanse yang langka, bonobo, yang bahkan lebih dekat lagi pada manusia daripada jenis simpanse yang lain, telah membangkitkan banyak perhatian. Dalam buku mereka Kanzi, The Ape at the Brink of the Human Mind, Sue Savage-Rumbaugh dan Roger Lewin telah memerikan telaah mereka atas kapasitas mental dari bonobo yang ditangkarkan, yang diberi nama Kanzi. Tidak ada keraguan lagi bahwa tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh Kanzi jauh lebih tinggi dari apa yang sejauh ini terlihat dalam mahluk-mahluk non-manusia lain, dan dalam beberapa aspek sangat mirip dengan kecerdasan anak manusia. Terutama, ia menunjukkan satu potensi untuk, katakanlah, pembuatan alat. Ini adalah satu argumen yang sangat kuat memihak pada teori evolusi.
Walau demikian, hal yang penting dari percobaan yang berupaya membuat bonobo itu membuat alat batu, adalah bahwa ia tidak pernah berhasil melakukannya. Di alam liar, simpanse menggunakan "alat-alat" seperti "tongkat pemancing" untuk membuat rayap keluar dari sarangnya, dan bahkan menggunakan batu sebagai "landasan" untuk memecahkan biji-bijian yang keras. Pekerjaan-pekerjaan itu menunjukkan satu tingkat kecerdasan yang tinggi, dan tak diragukan lagi membuktikan bahwa kerabat manusia yang terdekat itu memiliki beberapa prasyarat mental yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas yang tingkatannya tinggi. Tapi seperti yang pernah dikomentari oleh Hegel, ketika kita ingin melihat pohon oak, kita tentu tidak puas jika hanya diperlihatkan bijinya saja. Potensi untuk membuat alat tidaklah sama dengan benar-benar membuat alat itu, sama seperti kemungkinan memenangkan £10 juta dalam sebuah lotere sama sekali berbeda dengan benar-benar memenangkannya. Lebih jauh lagi, potensi ini, pada penelitian yang lebih dekat, ternyata sangatlah relatif sifatnya.
Simpanse modern kadang kala berburu monyet-monyet kecil. Tapi mereka tidak menggunakan senjata atau alat untuk keperluan ini; mereka menggunakan gigi mereka. Manusia-manusia pertama sanggup memotong potongan daging yang besar, untuk keperluan itu mereka menggunakan alat batu yang tajam. Tidak diragukan lagi bahwa hominid-hominid pertama hanya menggunakan alat-alat yang sudah tersedia di alam seperti tongkat untuk menggali akar di tanah. Persis inilah apa yang kita lihat di kalangan simpanse modern. Jika manusia terus bersandar pada pasokan makanan yang terutama berasal dari tumbuhan, tidak akan pernah ada kebutuhan untuk membuat alat-alat batu. Tapi kemampuan untuk membuat alat-alat batu memberi mereka akses pada satu pasokan makanan yang sama sekali baru. Hal ini tetap sahih jikalaupun kita menerima bahwa manusia-manusia pertama bukanlah pemburu melainkan pemakan bangkai. Mereka tetap membutuhkan alat batu untuk memotong kulit hewan besar yang tebal-tebal itu.
Proto-manusia dari kebudayaan Oldowan di Afrika Timur telah memiliki teknik-teknik yang cukup maju untuk pembuatan alat batu melalui proses yang dikenal sebagai flaking.[2] Mereka memilih jenis batu yang tepat, dan membuang yang lain; mereka menggunakan sudut siku untuk memukul, dan seterusnya. Semua ini menunjukkan satu tingkat kecanggihan dan ketrampilan yang tinggi, yang tidak pernah terlihat dalam "karya" Kanzi, sekalipun ada campur-tangan aktif dari manusia yang ditujukan untuk mendorong bonobo itu agar menghasilkan alat. Setelah upaya berulang-ulang, para pelaku percobaan itu dipaksa untuk mengakui bahwa:
"Sejauh ini Kanzi telah memperlihatkan tingkatan yang relatif rendah dalam ketrampilan teknik pada setiap [dari empat] kriteria dibandingkan dengan apa yang terlihat bahkan dari Jaman Batu Awal."
Dan mereka menyimpulkan:
"Maka, ada satu perbedaan yang jelas dalam ketrampilan Kanzi dalam memecah batu dengan yang ditunjukkan oleh para pembuat alat batu di Oldowan, yang kelihatannya mengimplikasikan bahwa manusia-manusia pertama ini telah berhenti menjadi kera."[xx]
Di antara berbagai perbedaan yang memisahkan bahkan hominid yang paling primitif sekalipun dari kera yang paling maju, perbedaan yang terhitung penting adalah perubahan dalam struktur tubuh yang terkait dengan posisi berjalan tegak. Struktur lengan dan pergelangan tangan bonobo, misalnya, berbeda dari manusia. Jari yang panjang dan melengkung dan ibu jari yang pendek membuatnya sulit menggenggam batu secara cukup efektif sehingga dapat memukul dengan kuat memakai gerakan menyamping. Fakta ini telah ditunjukkan oleh orang lain:
Tangan simpanse memiliki ibu jari yang telah berkembang baik, yang posisinya berlawanan dengan posisi jari lainnya, "tapi jari itu sangat gemuk dan berhimpitan dengan telunjuk, tidak dapat kita mempertemukan ujung ibu jarinya dengan ujung telunjuknya. Pada tangan hominid, ibu jari jauh lebih besar dan terputar sehingga ia berhadapan dengan telunjuk. Ini adalah hal yang menyertai bipedalisme dan menghasilkan peningkatan yang tajam dalam ketrampilan menggunakan tangan. Semua hominid menunjukkan bahwa mereka memiliki jenis tangan semacam ini - bahkan afarensis, hominid tertua yang kini dikenal. Tangan mereka hampir tak dapat dibedakan dari tangan manusia modern."[xxi]
Sekalipun banyak upaya mengaburkan garis batas ini, perbedaan antara kera yang paling maju sekalipun dengan hominid yang paling primitif telah ditetapkan tanpa keraguan lagi. Ironisnya, percobaan-percobaan ini, yang ditujukan untuk membuktikan bahwa ide tentang manusia sebagai mahluk pembuat alat adalah keliru, justru telah membuktikan hal yang persis kebalikannya.

Manusia dan Bahasa

Seperti upaya yang telah dilakukan orang untuk membuktikan bahwa pembuatan alat bukanlah satu ciri hakiki dari kemanusiaan, demikian pula beberapa orang telah melancarkan upaya seperti itu dalam hal bahasa. Bagian dari otak yang dikenal sebagai area Broca dikaitkan dengan bahasa, dan diperkirakan hanya terdapat pada manusia. Kini telah diketahui bahwa area ini juga ada pada hewan-hewan lain. Fakta ini telah digunakan untuk membuktikan bahwa penguasaan bahasa bukanlah unik milik manusia. Tapi argumen ini masih sangat rapuh. Faktanya tetap bahwa tidak ada spesies selain manusia yang tergantung pada bahasa untuk kelangsungannya sebagai sebuah spesies. Bahasa adalah hal yang hakiki bagi cara produksi sosial, yang merupakan basis dari masyarakat manusia.
Untuk membuktikan bahwa hewan lain juga dapat berkomunikasi sampai tahap tertentu, tidaklah perlu untuk menelaah perilaku bonobo. Banyak spesies yang tingkatnya lebih rendah memiliki sistem komunikasi yang cukup canggih - bukan hanya mamalia, tapi juga burung dan serangga. Semut dan lebah adalah hewan sosial dan memiliki bentuk komunikasi yang berkembang dengan maju. Walau demikian, ini tidak dapat dianggap mencerminkan satu kemampuan berpikir secara intelektual, atau bahkan untuk berpikir sama sekali. Kemampuan ini diwariskan dan merupakan naluri. Kemampuan ini juga sangat terbatas dalam cakupannya. Tindakan-tindakan yang itu-itu lagi diulangi berkali-kali dan secara mekanik, dan sama sekali tidak mengurangi efektivitasnya. Tapi hanya beberapa orang saja yang akan menganggap hal ini sebagai bahasa, seperti yang kita kenal sehari-hari.
Seekor beo dapat diajari mengulangi satu kalimat penuh. Apakah ini berarti bahwa ia dapat berbicara? Cukup jelas bahwa, walaupun ia dapat menirukan berbagai bunyi-bunyian dengan cukup baik, ia tidak memiliki pemahaman akan makna dari tiap bunyi tersebut. Justru pemahaman akan makna itulah hakikat dari sebuah bahasa. Halnya agak berbeda dengan mamalia yang tingkatannya lebih tinggi. Engels, yang juga merupakan seorang pemburu yang baik, tidaklah terlalu yakin sampai di mana anjing dan kuda memahami bahasa manusia dan seberapa frustasinya mereka karena tidak dapat berbicara dalam bahasa manusia itu. Tentu, tingkat pemahaman yang ditunjukkan oleh Kanzi, si bonobo dalam tangkaran itu, cukup tinggi. Sekalipun demikian, ada satu alasan mengapa tidak ada hewan selain manusia yang memiliki bahasa. Hanya manusia yang memiliki pita suara yang memungkinkan dikeluarkannya bunyi konsonan. Tidak ada hewan lain yang dapat menghasilkan bunyi konsonan. Beberapa dapat membuat bunyi klik dan desis. Sesungguhnya, konsonan hanya dapat dibunyikan bersamaan dengan bunyi vokal, atau mereka akan tereduksi menjadi sekedar bunyi klik dan desis. Kemampuan untuk membunyikan konsonan adalah hasil dari postur berjalan dengan dua kaki, seperti yang ditunjukkan oleh studi terhadap Kanzi:
"Hanya manusia yang memiliki pita suara yang memungkinkannya untuk menghasilkan bunyi konsonan. Perbedaan antara pita suara kita dengan pita suara kera, walaupun relatif minor, cukup signifikan dan dapat dikaitkan dengan penyempurnaan postur bipedal dan kebutuhan yang menyusulnya, yaitu untuk membawa kepala dalam posisi berdiri yang seimbang di atas pusat tulang belakang. Sebuah kepala yang besar dengan rahang yang berat akan menyebabkan pembawanya bungkuk ke depan dan akan menyulitkannya untuk berlari cepat. Untuk mendapatkan postur tegak yang seimbang, sangat penting untuk menyusutkan struktur rahang dan dengan demikian saluran vokal kera yang agak landai itu dibengkokkan menyiku. Bersamaan dengan penyurutan ukuran rahang dan muka semakin datar, lidah, bukannya terletak sepenuhnya di dalam mulut malah turun sedikit ke dalam kerongkongan untuk membentuk bagian berlakang oropharynx. Keluasaan gerak lidah memungkinkan modulasi rongga orophaynx dalam cara yang tidak dimungkinkan pada kera, yang lidahnya terletak sepenuhnya di dalam mulut. Mirip dengan itu, pembengkokan tajam pada jalur udara supralarynx berarti bahwa jarak antara bagian lidah yang lembut dengan bagian belakang kerongkongan menjadi sangat pendek. Dengan mengangkat bagian lembut lidah, kita dapat memblok jalur udara ke hidung, memungkinkan kita membentuk turbulensi yang diperlukan untuk menghasilkan konsonan."
Tanpa konsonan, kita tidak dapat dengan mudah membedakan antara satu kata dengan kata yang lain. Kita hanya akan dapat melolong dan mengeram. Keduanya dapat mengusung sejumlah informasi, tapi tentunya sangat terbatas:
"Bahasa memiliki variasi yang tak terhingga dan sampai saat ini hanya telinga manusia yang dapat dengan cepat menemukan unit-unit yang bernama dalam pola yang variasinya tak terhingga ini. Konsonan memungkinkan kita mencapai tahapan yang semacam ini."
Bayi manusia sanggup membedakan konsonan dengan cara yang mirip dengan orang dewasa sejak umur yang sangat muda, seperti yang diketahui oleh tiap orang yang pernah mendengar "omongan bayi". Omongan ini persis terdiri dari percobaan-percobaan terus-menerus untuk mengkombinasikan konsonan dan vokal - "ba-ba, pa-pa, ta-ta, ma-ma," dan seterusnya. Bahkan pada tahap yang sangat awal ini, seorang bayi manusia sanggup melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh hewan dewasa yang manapun.
Apakah kemudian kita harus menyimpulkan bahwa satu-satunya alasan mengapa hewan lain tidak memiliki bahasa adalah sepenuhnya karena faktor fisiologis? Kesimpulan semacam adalah kesalahan yang serius. Bentuk pita suara, dan kemampuan fisik untuk mengkombinasikan vokal dan konsonan adalah prakondisi fisik untuk berkembangnya bahasa manusia, tapi tidak lebih daripada itu. Hanya perkembangan tangan, yang tidak terpisahkan dari kerja dan kebutuhan untuk mengembangkan satu masyarakat yang tinggi tingkat kerja samanya, yang memungkinkan diperbesarnya ukuran otak dan penciptaan bahasa. Kelihatannya area di dalam otak yang berkaitan dengan penggunaan alat dan bahasa memiliki bersatu pada awalnya, ketika sistem syaraf masih pada taraf perkembangan, seperti yang terjadi pada seorang anak kecil, dan baru terpisah pada usia dua tahun, ketika area Broca membangun sirkuit yang terdiferensiasi dengan korteks anterior prefrontal.[3] Hal ini dengan sendirinya merupakan bukti yang jelas akan adanya rantai ketat antara pembuatan alat dan bahasa. Bahasa dan kemampuan rekayasa berkembang secara bersamaan, dan proses evolusi ini dijalani lagi dan lagi dalam perkembangan bayi manusia pada saat ini.
Hominid-hominid paling awal dari kebudayaan Oldowan sekalipun memiliki kemampuan rekayasa jauh lebih maju daripada kera. Mereka bukan sekedar "kera yang berjalan tegak". Pembuatan dari alat batu yang paling sederhana sekalipun jauh lebih kompleks daripada yang dibayangkan. Ia membutuhkan perencanaan dan kemampuan memahami apa yang akan datang. Homo habilisharus merencanakan beberapa langkah ke depan. Ia harus tahu bahwa di masa datang ia akan membutuhkan sebuah alat, sekalipun ia pada tidak membutuhkan alat tersebut ketika ia menemukan bahan yang sesuai. Pemilihan yang teliti atas jenis batu, dan penolakan terhadap jenis lainnya; pencarian sudut pukulan yang menyiku; ini semua menunjukkan satu tingkat kemampuan berpikir yang berbeda secara kualitatif dari kera. Kelihatannya muskil bahwa setidaknya bentuk kasar dari bahasa tidak hadir pada tahap ini. Tapi ada bukti lebih jauh yang menunjuk ke arah ini. Manusia memiliki satu keluarbiasaan dalam penggunaan tangan, 90% manusia lebih mampu menggunakan tangan kanan. Hal ini tidak nampak pada primata lain. Seekor kera boleh jadi lebih dapat menggunakan tangan kanan atau kiri, tapi untuk keseluruhan populasi kemungkinannya kira-kira adalah lima puluh-lima puluh. Gejala pemilihan tangan [handedness] seperti ini terkait erat dengan kemampuan rekayasa dan bahasa:
"Handedness terkait dengan lokalisasi fungsi pada belahan otak yang saling berseberangan. Lokasi kemampuan rekayasa dari (kebanyakan) para pengguna tangan kanan yang terletak di belahan otak kiri diringi oleh lokasi kemampuan bahasa di tempat itu pula. Belahan otak kanan telah terspesialisasi untuk kemampuan-kemampuan spasial."
Gejala ini tidak terdapat pada Australophitecus, tapi telah ditemukan pada tengkorak Homo habilis yang paling tua, pembuat alat yang pertama. Sangatlah tidak mungkin bahwa hal ini adalah satu kebetulan. Pada saat kita sampai padaHomo erectus, bukti-buktinya segunung:
"Ketiga garis pembuktian anatomis ini - otak, alat-alat vokal, dan kemampuan menggunakan alat - menyediakan dukungan mendasar terhadap tangan dan tentang perubahan-perubahan yang lambat dan lama pada jalan menuju terciptanya bahasa. Seiring dengan perubahan-perubahan tersebut dalam otak dan alat-alat vokal, terjadi juga perubahan bertahap pada tangan, perubahan yang membuatnya menjadi alat yang sangat cocok untuk penciptaan dan penggunaan alat."[xxii]
Kemunculan umat manusia merupakan satu lompatan kualitatif dalam evolusi. Di sini, untuk pertama kalinya, materi menjadi sadar akan dirinya sendiri. Sebagai ganti evolusi yang berjalan tanpa disadari, kita kini memiliki satu kendali tertentu atas proses kesejarahan. Mengutip Frederick Engels:
"Dengan manusia, kita memasuki sejarah. Hewan juga memiliki sejarah, yaitu tentang garis keturunannya dan evolusi bertahap sampai tahapan yang kini mereka miliki. Namun sejarah ini dituliskan bagi mereka, dan sejauh menyangkut apakah mereka sendiri mengambil bagian di dalamnya, hal ini terjadi tanpa sepengetahuan dan keinginan mereka. Di pihak lain, semakin umat manusia memisahkan diri dari hewan dalam makna sempit, semakin mereka menulis sejarahnya sendiri, secara sadar, semakin sedikit pengaruh efek-efek yang tidak dilihat sebelumnya dan kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikontrol atas sejarah ini, dan semakin akurat hasil-hasil historis yang dicapai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan di muka.
"Namun, jika kita menerapkan ukuran ini atas sejarah manusia, bahkan pada bangsa-bangsa yang paling maju sekalipun pada saat ini, kita menemukan bahwa masih terus ada satu ketidaksesuaian yang kolosal antara tujuan-tujuan yang diajukan dan hasil-hasil yang dicapai, bahwa efek-efek yang tidak terlihat masih dominan, dan bahwa kekuatan-kekuatan yang tidak terkontrol masih jauh lebih kuat daripada kekuatan-kekuatan yang digerakkan sesuai dengan rencana. Dan tidak bisa tidak selama aktivitas historis manusia yang paling hakiki, aktivitas yang telah mengangkat mereka dari kerajaan hewan menuju kemanusiaan dan yang membentuk landasan material bagi semua aktivitas mereka yang lain, yaitu proses produksi kebutuhan hidup mereka, produksi sosial kita, terutama masih tunduk pada permainan dari efek-efek yang tidak diinginkan, dan pengecualian belaka jika proses itu sesekali dapat mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan, yang sering terjadi adalah justru sebaliknya ....
"Hanya satu pengorganisiran yang dilakukan secara sadar atas proses produksi sosial, di mana produksi dan distribusi dijalankan dengan cara yang terencana, yang dapat mengangkat umat manusia di atas dunia hewan dalam kaitannya dengan aspek sosialnya, dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan oleh proses produksi terhadap umat manusia dalam aspek biologis. Evolusi historis membuat pengoranisiran semacam itu makin hari makin tidak dapat diabaikan, tapi juga semakin hari semakin dimungkinkan. Bila saat itu dicapai, akan dimulai satu epos sejarah, di mana umat manusia itu sendiri, dan bersamanya segala cabang dari aktivitasnya, dan khususnya ilmu-ilmu alam, akan mengalami satu kemajuan yang akan menempatkan segala sesuatu yang mendahuluinya ke dalam bayang-bayang yang paling gelap."[xxiii]

[1] Deus ex machina - dalam lakon-lakon, seringkali terdapat konflik-konflik yang tak terselesaikan, yang tiba-tiba saja terselesaikan ketika sang pahlawan datang pada saat yang paling menegangkan. Atau, jika tidak demikian, maka lakon itu memasukkan sebuah mukjizat yang membuat sang pahlawan sanggup mengatasi rintangan yang paling muskil dipecahkan, seperti datangnya seorang peri atau bidadari atau hal-hal mukjizat lainnya. Kemunculan dari mukjizat "buatan" inilah yang disebut deus ex machina. [Catatan Penerjemah.]
[2] Flaking - manusia purba membuat alat batu dengan menghantamkan sebuah batu kepada batu lainnya sehingga batu yang dihantam itu pecah pinggirannya. Proses ini dilakukan berulang-ulang sampai batu yang dihantam itu memiliki sisi yang tajam. [Penerjemah.]
[3] Anterior prefrontal cortex - bagian dalam dari lapisan terluar otak (korteks) yang terletak di bagian depan tengkorak. Tentang korteks prefrontal, lihat bab 13. [Penerjemah.]

[i] Dikutip dalam D. C. Johanson dan M. A. Edwy, Lucy, The Beginning of Humankind, p. 237.
[ii] Dikutip dalam T. Ferris, The World Treasury of Physics, Astronomy and Mathematics, pp. 262-3, 265 dan 266.
[iii] D. C. Johanson dan M. A Edwy, op. cit., p. 320.
[iv] J.S. Bruner, Beyond the Information Given, pp. 246-7.
[v] MECW, Vol. 5, p. 31.
[vi] Richard Leakey, The Origin of Humankind, p. 36.
[vii] Engels, Dialectics of Nature, pp. 229-30.
[viii] Leakey, op. cit., p. 38.
[ix] Engels, op. cit., pp. 228 dan 230-1.
[x] N. Chomsky, Language and Mind, pp. 66-7 dan 70.
[xi] Leakey, op. cit., p. 45.
[xii] Engels, op. cit., pp. 231-2.
[xiii] Dikutip dalam Leakey, op. cit., p.67.
[xiv] Engels, op. cit., pp. 233-4 dan 237.
[xv] Leakey, op. cit., p. 54.
[xvi] Engels, op. cit., p. 237.
[xvii] Gould, op. cit., pp. 210-1.
[xviii] Christopher Wills, The Runaway Brain: The Evolution of Human Uniqeness, p. xxii.
[xix] New Scientist, 29 Januari 1994, p. 28.
[xx] S. Savage-Rumbaugh dan R. Lewin, Kanzi, The Ape at the Brink of the Human Mind, p. 218.
[xxi] Johanson dan Edey, op. cit., p. 325.
[xxii] Savage-Rumbaugh dan Lewin, op. cit., pp. 226-7, 228 dan 237-8.
[xxiii] Engels, op. cit., pp. 48-9.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Perspektif - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger